SELAMAT DATANG DI BLOG KAK NUR WIJI "Jika kamu tidak tahan dengan lelahnya BELAJAR maka kamu harus tahan dengan PERIHNYA KEBODOHAN" (Imam Syafii)

Senin, 27 Juli 2020

Pembangunan Karakter Positif Melalui Pembelajaran Matematika




Tulisan ini terinspirasi dari materi kegiatan webinar yang diadakan oleh Fakultas Psikologi Universitas Indonesia dalam peringatan Dies Natalis ke-60 dengan tema "Peran Psikologi dalam Mempersiapkan Keunggulan Generasi Penerus melalui Pembangunan Karakter". Semoga tulisan ini bermanfaat dalam pembangunan karakter positif siswa melalui pembelajaran matematika.

Di era kemajuan teknologi seperti ini siswa dapat berselancar dengan mudah menggunakan gadgetnya untuk memcari tahu informasi-informasi apa saja yang mereka inginkan tanpa terkecuali baik informasi yang bersifat positif maupun negatif. Disinilah perlunya pembangunan karakter positif siswa. Supaya siswa dapat menyaring mana informasi yang baik untuk dikonsumsi dan informasi yang buruk untuk dijauhi.
Pembelajaran matematika memiliki peran dalam pembangunan karakter positif siswa. Karena dalam pembelajaran matematika terjadi proses interaksi antara guru dengan siswa. Matematika dikenal sebagai disiplin ilmu yang mengajarkan tentang cara berpikir seseorang untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Masalah akan cepat terselesaikan jika dikerjakan dengan pola pikir yang positif (positif thinking).

Pembangunan karakter positif siswa melalui pembelajaran matematika dapat dilakukan dengan memahami terlebih dahulu pola kerja matematika. Pola kerja matematika memiliki karakteristik dan kecenderungan yang mengarah kepada kebaikan yaitu kebenaran dari sebuah hasil. Maksudnya seperti ini, dalam pembelajaran matematika pasti tidak lepas dengan yang namanya membahas permasalahan berupa soal-soal yang harus diselesaikan dengan cara yang tepat agar memperoleh hasil yang benar. Proses menemukan solusi atau formula agar memperoleh hasil yang benar ini dinamakan pola pikir kebaikan. Sedangkan karakter positif itu memiliki muatan kebaikan (kebenaran) yang tertanam dihati seseorang yang dicerna dan diproses oleh pikiran yang dituangkan melalui sebuah tindakan nyata.

Karakter positif dapat dibangun menggunakan pembelajaran matematika yang bermakna. Guru bisa menyajikan materi dan soal matematika dengan mengaitkan nilai-nilai kehidupan siswa sehari-hari. Sehingga siswa akan merasa sangat butuh dengan materi yang dipelajarinya. Hal ini akan membantu menanamkan minat dan kecintaan siswa untuk belajar matematika. Karena efek positif belajar matematika akan dirasakan secara nyata oleh siswa.

Syarat supaya berhasil membangun karakter positif siswa melalui pembelajaran matematika diantaranya adalah sebagai berikut.
1) Komunikasi 
  • Guru harus rajin menjelaskan hasil kinerja siswa tentang apa yang baik/kurang baik ketika menyelesaikan masalah.
  • Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mengutarakan tahapan-tahapan atau proses pemerolehan hasil pekerjanya. Selanjutnya guru menjelaskan sebab-akibat dari tahapan-tahapan atau proses yang dilakukan siswa.
  • Guru menganalisis kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam penyelesaian masalah dan memberikan kesempatan untuk belajar memperbaikinya.
2) Konsisten
  • Guru memberikan penghargaan atau riward secara rutin kepada siswa yang berhasil menyelesaikan tugasnya.
  • Guru menerapkan konsekuensi bagi siswa yang belum menyelesaikan tugasnya. Konsekuensi ini bisa berupa pengurangan poin/pemberian poin.
Dalam pembangunan karakter positif siswa yang perlu digaris bawahi guru adalah bahwa tidak ada siswa yang bodoh, semua siswa memiliki potensi yang sama yaitu berupa akal, pikiran dan yang membedakan hanyalah frekuensi daya serapnya saja. Oleh karena itu ketika ada siswa yang tidak mampu mengerjakan tugas yang diberikan jangan diberi hukuman dan ancaman apalagi didiamkan. Nah, yang harus dilakukan guru adalah mendekatinya dan membimbingnya supaya siswa tersebut berhasil. Hal ini menjadikan siswa merasa lebih dihargai, menumbuhkan rasa bertanggung jawab dan efektivitas jangka panjang dalam pembangunan karakter positif mereka. Perlakuan seperti ini juga akan membantu siswa untuk menemukan dan mengenali kemampuan dirinya. Sehingga siswa dapat menggunakan kemampuan yang dimilikinya secara konstruktif.


Malang, 27 Juli 2020
Pemerhati Pendidikan Matematika
Kak Nur Wiji






 


1 komentar:

  1. These playing operators can be found for Koreans and supply the gained as a foreign money of selection. Since so much of} on-line casinos out there, our skilled team is right here to provide you with detailed, unbiased 온라인카지노 reviews of on-line casinos in Korea. From its humble beginnings back in 2012, Golden Star casino has made vital strides within the on-line casino business. It continues to be operated by its mom firm Jubise International N.V., a respectable firm registered and integrated in Curacao. This website is available in} a glossy, fashionable website, and helps lots of international languages and over 500 games.

    BalasHapus